Monday 6 February 2012

Tips Menghilangkan Lemak Di Perut

Semua orang pasti ingin atau mendambakan memiliki tubuh yang ramping. Namun tidak jarang untuk menghilangkan lemak di perut ini berbagai cara diet ketat dilakukannya. Lemak yang menumpuk di perut tidak hanya mengganggu penampilan tapi juga menimbulkan berbagai risiko penyakit berbahaya. Untuk menghilangkan lemak di perut dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya adalah mengonsumsi makanan yang punya daya pembasmi lemak perut,  memangkas lemak dari perut secara alami, dan latihan senam kebugaran.

1. Mengonsumsi makanan yang punya daya pembasmi lemak perut

Berikut ini adalah langkah yang lebih mudah untuk menyingkirkan lemak perut tanpa harus kelaparan. Salah satu langkahnya adalah banyak mengonsumsi makanan yang punya daya pembasmi lemak perut. Berikut tujuh di antaranya :
  • Oatmeal. Menyantap oatmeal saat sarapan mampu menambah asupan serat dalam tubuh Anda. Kandungan serat bisa mengurangi tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Memulai hari dengan mengonsumsi oatmeal bisa membantu Anda mengurangi camilan yang masuk ke dalam tubuh karena efek kenyang lebih lama yang dihasilkannya. Anda juga akan mendapatkan asupan protein, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk menurunkan berat badan.
  • Daging tanpa lemak. Sumber protein seperti daging tanpa lemak merupakan salah satu asupan makanan paling penting dalam program penurunan berat badan. Hindari olahan daging instan, dan fokuslah pada daging tanpa lemak yang diolah sendiri. Selain itu daging putih seperti ayam dan ikan juga bisa jadi pilihan.
  • Sayuran. Sayuran mentah adalah sumber serat dan antidoksidan yang baik. Dengan mengonsumsi banyak sayuran, Anda bisa mengisi perut tanpa meningkatkan asupan kalori. Makan berbagai sayuran, terutama sayuran hijau, akan menyediakan berbagai nutrisi penting termasuk kalsium, magnesium, protein, zat besi, kalium, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B.
  • Gandum. Gantikan makanan yang mengandung tepung terigu dengan yang mengandung tepung gandum (whole grains). Tepung gandum mengandung banyak serat, asam folat, vitamin E, magnesium, dan semua zat yang diperlukan untuk melawan lemak perut.
  • Telur. Cara mudah lainnya untuk mengurangi lemak perut adalah mengonsumsi protein. Dan, telur merupakan salah satu makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Telur juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin B12 yang membantu tubuh membakar lemak.
  • Kacang. Kacang juga merupakan salah satu penghasil lemak sehat dalam tubuh. Namun Anda tetap harus berhati-hati dalam menyantapnya karena kacang mengandung banyak kalori akibat proses penggorengannya. Kacang mengandung protein yang bisa membakar lemak, mengandung serat, vitamin, dan mineral. 
  • Olive oil. Lemak sehat adalah bagian penting dalam tubuh untuk menghancurkan lemak perut. Salah satu penghasil makanan yang mampu menghasilkan lemak sehat dalam tubuh (lemak tak jenuh tunggal) adalah olive oil. Tambahkan sedikit olive oil ke dalam sayuran atau salad, agar lebih enak dimakan, sekaligus untuk membakar lemak perut di saat yang sama.


2. Memangkas lemak dari perut secara alami


Banyak orang ingin memiliki tubuh ramping, tapi justru melakoni pola diet yang buruk bagai pencernaan. Berikut ini cara memangkas lemak dari perut secara alami :
  • Kunyah makanan Anda. Mungkin kita ingat pesan ibu untuk menguyah makanan secara perlahan, antara 20-30 kali sebelum akhirnya makanan ditelan. Menurut David Grotto, ahli diet dan penulis 101 Optimal Life Foods, semakin Anda mengunyah, maka semakin kecil kemungkinan Anda untuk menelan gas. Dengan memperlambat kunyahan, Anda akan memberikan tubuh kesempatan untuk mengenali perut ketika memang sudah penuh.
  • Makan sering dalam porsi kecil. Jika Anda makan terlalu banyak dalam satu waktu, Anda akan membebani saluran pencernaan untuk memprosesnya. Sebaiknya, makan dalam porsi kecil tapi sering, misalnya 4-6 kali makan, bukannya tiga kali makan besar. Pola ini menjamin perut tetap kenyang sepanjang hari sekaligus membantu kerja pencernaan.
  • Perbanyak konsumsi bakteri baik. Jika Anda ingin melancarkan pencernaan, makanlah yogurt, kefir, atau konsumsi suplemen probiotik setiap hari. Perlu diingat, tidak semua yogurt dan probiotik adalah sama serta tidak semuanya mengandung bakteri hidup dan aktif. Jadi, carilah produk probiotik yang mencantumkan label "live and active cultures" (produk impor) dan pastikan Anda mengonsumsinya secara teratur (para ahli merekomendasikan lima kali per pekan).
  • Makan buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayuran, seperti bawang merah, bawang putih, dan asparagus mengandung sesuatu yang disebut prebiotik. Konsumsi cukup prebiotik dan probiotik akan sangat membantu saluran pencernaan Anda. Makanan ini memungkinkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus, yang pada gilirannya menekan bakteri jahat yang dapat mendatangkan malapetaka pada perut Anda. Juga, jangan lupakan biji-bijian dengan manfaat yang sama.
  • Bergerak aktif. Ada banyak alasan untuk lebih banyak berolahraga, tapi siapa tahu bila ini bisa memerbaiki pencernaan? Logikanya, jika Anda berolahraga untuk menurunkan berat badan atau hanya mempertahankannya, maka kemungkinan besar Anda juga akan menjaga kualitas pencernaan seperti perut kembung dan penyakit gastroesophageal.


 3. Latihan senam kebugaran

Circuit training merupakan gabungan antara latihan kardiovaskular dan latihan angkat beban, komponen aerobik dan anaerobik, yang dilakukan secara berurutan. Kedua latihan tersebut merupakan cara paling efektif untuk mengurangi lemak di bagian perut. Banyak ahli kebugaran yang merekomendasikan circuit training untuk menurunkan berat badan, khususnya menghilangkan lemak di bagian perut. Bila Anda benar-benar serius melakukannya, lemak perut bisa kempes dalam waktu 1 minggu. Berikut beberapa contoh latihan circuit training yang bisa Anda lakukan secara berurutan :
  • High knee. Jalan di tempat, angkat lutut setinggi pinggang (atau setinggi yang Anda bisa) dan gerakkan tangan.
  • Jumping jack. Melompat beberapa kali dengan merenggangkan tangan dan kaki.
  • Push-up. Jika perlu, Anda bisa melakukan berbagai versi modifikasi push-up, mulai dengan lutut yang kontak dengan lantai, push-up dengan satu tangan atau modifikasi push-up lainnya.
  • Squat dumbbell press. Angkat barbel sambil berdiri dengan kaki selebar bahu, jongkok, kemudian bangun dengan menekan barbel lurus ke atas kepala. Ketika kembali jongkok, turunkan barbel. Anda dapat lakukan dengan barbel di salah satu tangan atau di keduanya.





No comments:

Post a Comment